Friday, May 31, 2013

Press Release Kunjungan Lembaga Kemahasiswaan

Kunjungan Tingkat Persiapan Bersama
Hubungan Kelembagaan merupakan salah satu program kerja MPM KM yang dimandatkan pada BP 3 (Badan Pekerja Hubungan Kelembagaan). Serangkaian kegiatan ini berlangsung selama masa kepengurusan anggota MPM KM yang diawali pada bulan Mei 2013. Kegiatan Hubungan Kelembagaan salah satunya berupa kunjungan ke Lembaga Kemahasiswaan tingkat pusat maupun wilayah di IPB.
Kegiatan pertama adalah mengunjungi LK TPB yang bertempat di Lobby SC KM, pada hari Sabtu, tanggal 20 April 2013. Kegiatan ini sangat antusias disambut oleh LK TPB yang terdiri dari DPM TPB, BEM TPB, dan satu Lembaga Struktural yang bernama IKMT. Mahasiswa yang menghadiri kunjungan ke LK TPB sekitar 36 orang. Tidak kalah juga, ada beberapa perwakilan MPM KM yang menghadiri acara tersebut.
Acara dimulai pukul 16.10 dibuka oleh MC yang berasal dari perwakilan MPM, Markis. Acara selanjutnya pembacaan ayat suci Al- Qur’an oleh Ilham marvie, mahasiswa TPB. Dan tak lupa juga, acara perkenalan. Kita meperkenalkan diri masing- masing dengan format nama, perwakilan LK, dan departemen. Sebelum masuk ke acara inti, ada sambutan dari masing- masing LK. Sambutan pertama dari kak Dimas, selaku Sekretaris Jenderal MPM KM. Dilanjutkan sambutan dari perwakilan LK TPB yang diwakili oleh Yoghi, selaku ketua DPM TPB. Selanjutnya ada penyampaian secara garis besar mandat masing- masing LK. Acara pun semakin seru dan menarik ketika sesi sharing- sharing terkait LK masing- masing. Nahhh, ini beberapa pertanyaan dan tanggapan yang dibahas
Q : Terkait keamanan dan keselamatan naik ojek, bagaimana tanggapan MPM KM?
A : Meperbanyak adanya sepeda kampus, memperbanyak jam bis kampus, namun yang menjadi permasalahannya adalah ada ancaman dari komunitas ojek ke sopir bis kampus. Dan keputusan untuk menghilangkan komunitas ojek itu berat. Himbauan : mengurangi penggunaan ojek. Terkait laporan ke rektorat untuk ketertiban ojek harus ada data yang cukup. Untuk penertiban ojek, sudah ada perubahan dari 2 tahun yang lalu. Penertiban sampai saat ini baru sampai pendataan.

Q : Bagaimana bentuk controlling/ pengawasan yang baku?
A : mempunyai SOP controlling ( ada MoU antara DPM dan dept BEM yang diawasi). Saat melaksanakan tugas, membawa surat tugas, ada kesepakatan dalam pembuatan kuisioner, ada SPPK (indikator yang diperhatikan). Mengetahui GBHK dept yang di awasi
Dan tepat pukul 18.01 WIB akhirnya tiba di penghujung acara, yaitu penutupan. Tetapi sebelum penutupan, ada kesan pesan acara sekaligus penyerahan kenang- kenangan dari MPM KM ke LK TPB yag diserahkan oleh kak Dimas (selaku Sekjend MPM KM) kepada Sunarya (selaku Ketua BEM TPB) dan Yoghi (Ketua DPM TPB).
Selesai J, tunggu kunjungan untuk LK di fakultas selanjutnya J


Kunjungan Diploma
Kunjungan kedua dari MPM KM adalah ke Lembaga Kemahasiswaan Diploma pada hari Minggu, 05 Mei 2013. Perwakilan dari MPM KM berkumpul di BNI pukul 14.00 WIB, seiring berputarnya waktu, panitia kunjungan LK menunggu teman- teman MPM yang lain untuk berangkat bersama menuju Kampus Diploma yang berada di Baranangsiang. Akhirnya waktu menunjukkan pukul 14.30, rombongan dengan jumlah lima belas orang berangkat menuju Kampus Diploma menggunakan 1 angkot. Alhamdulillah pukul 15.30, rombongan sampai di kampus diploma dengan melewati segala kemacetan di Kota Bogor. Sebelum acara dimulai, rombongan sholat Ashar terlebih dahulu.
Kedatangan rombongan MPM KM pun disambut antusias oleh mahasiswa Diploma, bahkan merekapun sampai menyewa ruangan untuk acara kunjungan ini J. Acara kali ini dihadiri oleh sekitar 41 orang yang terdiri dari perwakilan MPM, perwakilan LK Diploma, Club di  Diploma, dan Forum Komunikasi Mahasiswa. Tepat pukul 16.19, acara dimulai. Acara dibuka dengan meriah oleh MC perwakilan dari LK Diploma, Afridho. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari kak Dimas, selaku Sekretaris Jenderal MPM KM serta sambutan dari kak Megy, selaku ketua DPM Diploma. Acara dilanjutkan dengan perkenalan masing- masing mahasiswa. Untuk kejelasan mandat masing- masing LK, acara selanjutnya yaitu penyampaian tentang MPM oleh kak Dimas, sekaligus dilanjutkan dengan sharing- sharing.
Acara sharing- sharing pun semakin meriah ketika peserta mahasiswa aktif untuk bertanya dan memberi tanggapan. Pertanyaan dan tanggapan dalam sharing- sharing tersebut diantaranya :
Q : Untuk mipro dan club di diploma, pertanggungjawaban ke siapa?
A : Mipro diploma ada 5 yaitu mapagi, likista, gamaperta, micri, amapesa. Sedangkan ada 6 club, yaitu : d’voice, agriemovie, angsana, obscura, teater jendela, dan genus. Teknis pertanggungjawaban dilaksanakan di sidang akhir tahun. Sebelumnya membuat laporan akhir tahun yang akan dipresentasikan nantinya.
Q : Masalah LK KM, bagaimana kejelasan UKM Sarjana yang masuk ke Diploma apakah perlu mendaftar lagi atau cukup koordinasi? Apakah kita sebagai LK benar – benar sebagai mitra dengan pihak institusi?
A : UKM hak semua KM IPB (berlaku untuk di S1 maupun di diploma), jadi cukup koordinasi antara S1 dan diploma. Undang – undang otonomi diploma ini diberikan untuk mengatur diploma sendiri termasuk kelegalan mipro. Kata mitra bukan berarti posisi LK sejajar dengan pihak atasan (rektorat)
Waktu menunjukkan pukul 18.00  lewat, yang artinya jadwal acara yang dirancang sebelumnya telah selesai. Sebelum MC menutup acara tersebut, ada penyerahan kenang- kenangan dari MPM KM ke LK Diploma dan sebaliknya, yang diwakili oleh kak Dimas dan kak Megy. Acarapun berakhir dengan foto bersama J. Sebelum kembali ke Kampus IPB di Darmaga, kita sholat magrib berjamaah di SC Diploma. Setelah semua rombongan selesai menunaikan sholat magrib berjamaah, maka rombongan pun beranjak kembali ke kampus Dramaga dengan jasa angkot.


Kunjungan Fakultas Kehutanan
Kunjungan ketiga MPM KM adalah ke Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Kehutanan. Setelah melalui koordinasi serta negosiasi terkait waktu yang tepat karena berseberangan dengan running acara OMI, akhirnya kunjungan ke LK Fahutan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Mei 2013 bertempat di samping Dekanat Fahutan Lantai 2.   
Kunjungan MPM disambut meriah oeh mahasiswa LK Fahutan. Acara tersebut dihadiri 29 mahasiswa yang terdiri dari perwakilan MPM KM, LK Fahutan (DPM Fahutan dan BEM Fahutan, Himpro di Fahutan) dan LS di Fahutan. Tepat pukul 18.43 WIB, acara dimulai dan dibuka oleh MC perwakilan dari MPM KM, Huda. Untuk keberkahan acara,  dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al- Quran oleh Muis, perwakilan dari LK Fahutan. Acara selanjutnya adalah sambutan dari kak Dimas, selaku Sekretaris Jenderal MPM KM, dan sambutan dari kak Dicky, selaku ketua BEM Fahutan. Acara dilanjutkan dengan perkenalan seluruh tamu undangan satu per satu.
Setelah saling memperkenalkan diri, sesi penyampaian terkait gambaran umum, mandat, dan progress report MPM KM di sampaikan oleh kak Dimas dan dan masing- masing koordinator BP (Badan Pekerja) MPM KM IPB. Acara dilanjutkan dengan sharing- sharing terkait LK . Adapun beberapa pertanyaan dan tanggapan yang terekam ketika sesi sharing- sharing diantaranya sebagai berikut :
Q : Bagaimana alur informasi dari MPM KM ke mahasiswa umum?
A :Hasil- hasil sidang dipublikasikan melalui dunia maya seperti blog, twitter, facebook. Selain itu, sedang proses publikasi melalui mading MPM. Diusahakan ada penyaluran informasi dari MPM KM ke dept. kominfo masing- masing LK IPB.
Q :Bagaimana kedudukan komunitas di fahutan?
A :Komunitas di fahutan namanya Lembaga Struktural. Di fahutan ada 4 LS, ibaddurohman, majelis taklim, masyarakat rumput, himpunan mahasiswa pencinta alam (rempala)
Q : Apakah yang mengamandemen AD ART fakultas itu MPM KM juga?
A : Untuk AD ART fakultas, diamndemen fakultas itu sendiri. Sidang yang diadakan MPM, terbuka untuk umum. Kecuali jika sidang penyelesaian perkara, tertutup untuk mahasiswa umum
Waktu menunjukkan pukul 19.54, acara harus diakhiri, karena pukul 20.00 Fahutan ada pertandingan di OMI. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang- kenangan dari MPM KM kepada LK Fahutan, yang diserahkan oleh kak Dimas kepada kak Dicky. Sebelum berpisah dengan teman- teman LK Fahutan, ada sesi foto bersama antara MPM KM dan LK Fahutan J

Kunjungan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan
Kunjungn MPM KM yang kelima adalah ke LK Fakultas Perikanan (FPIK). Kunjungan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Mei 2013. Acara kunjungan MPM KM disambut oleh mahasiswa LK FPIK di SC DPM FPIK. Acara diikuti 17 mahasiswa, perwakilan dari MPM KM, LK FPIK (DPM FPIK, BEM FPIK, Himpro di FPIK) dan LS di FPIK.
Tepat pukul 16.01 WIB, acara kunjungan dibuka dan dimulai oleh MC, mbak yucha, perwakilan MPM KM. selanjutnya untuk keberkahan acara, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat- ayat suci Al- Quran oleh Dafa, perwakilan dari LK FPIK. Acara dilanjutkan dengan penyampaian secara garis besar mandat dan progress report dari MPM KM oleh Sekretaris Jenderal MPM KM, kak Dimas, dan masing- masing kordiator BP (Badan Pekerja). Selesai penyampaian tentang MPM, dilanjutkan dengan penyampaiana terkait LK FPIK yang disampaikan oleh ketua DPM FPIK, ketua BEM FPIK, perwakilan Himpro FPIK, dan perwakilan LS di FPIK.
Acarapun semakin seru dan menarik ketika masuk ke sesi sharing – sharing. Beberapa mahasiswa ikut berperan aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan yang ada. Beberapa pertanyaan dan tanggapan yang ada ketika sesi sharing- sharing :
Q  : Apakah ada komunitas di FPIK?
A : Psp : ndc (dari departemen). Itk : mdc (club departemen). Bdp : kewirausahaan . Msp : ke pelatihan- pelatihan. Perancangan pembuatan kapal (dari departemen psp dan itk) , sudah pernah mengikuti lomba di its
Q : Apakah ada jam malam di FPIK?
A : Berlaku jam malam. Ada praktikum yang sampai malam. Untuk kegiatan BEM yang melebihi jam 10, harus minta izin ke DPM. Di secret sampai jam 9.
Q : Siapa yang mengawasi ombak?
A : Di evaluasi oleh fakultas yang diwakili oleh perwakilan palka fpik. Pertanggung jawaban dari perwakilan palka ke fakultas
Q : Apakah ada kegiatan bersama atau seperti PSN di FMIPA?
A : Belum ada kegiatan seperti PSN, tetapi sedang running untuk sinergis kegiatan bersama antara BEM dan himpro. Masing- masing LK memegang kalender kegiatan, sedang mengatahui timeline kegiatan. Bina desa yang dilaksanakan bersama- sama oleh semua LK FPIK
Waktu menunjukkan tepat pukul 17.35 WIB, menunjukkan bahwa acara selesai. Acara ditutup dengan penyerahan kenang- kenangan dari MPM KM kepada LK FPIK, yang diwakili oleh kak Dimas, selaku perwakilan MPM KM, kepada kak Fahmi, selaku perwakilan dari LK FPIK.

Kunjungan Fakultas Teknologi Pertanian
Kunjungn MPM KM yang keenam adalah ke LK Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA). Kunjungan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Mei 2013. Acara kunjungan MPM KM disambut oleh mahasiswa LK FATETA di Koridor Fateta IPB. Acara dihadiri oleh 36 Mahasiswa yang terdiri dari perwakilan MPM KM, LK Fateta (DPM Fateta, BEM Fateta, Himpro Fateta) dan LS Fateta (FBI).
Tepat pukul 16.48 WIB, acara dibuka dan dimulai oleh MC, Machrush, perwakilan MPM KM. Selanjutnya ada pembacaan ayat- ayat suci Al- Qur’an oleh Faisal, perwakilan dari LK Fateta. Acara selanjutnya sambutan dari perwakilan MPM yang diwakili oleh kak Dimas, selaku Sekretaris Jenderal, dilanjutkan sambutan dari kak Sutresno, selaku ketua DPM Fateta. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan perkenalan masing- masing mahasiswa. Selanjutnya ada penyampaian terkait mandat, progress report dari MPM KM yang disampaikan oleh kak Dimas dan masing- masing coordinator BP (Badan Pekerja) dan penyampaian dari LK Fateta
Acara semakin meriah ketika memasuki sesi sharing- sharing. Mahasiswa aktif untuk bertanya dan menanggapain pertanyaan. Beberapa pertanyaan dan tanggapan yang ada ketika sesi sharing- sharing :
Q : Terkait dana LK IPB, yang diketahui, ada beberapa permasalahan, salah satunya rencana anggaran keuangan belum dianggarkan. Dimana sekarang uang tidak dikelola oleh ditmawa lagi, akan tetapi langsung dianggarkan oleh Fakultas dan Departemen. Bagaimana terkait masalah tersebut?
A : Sistem keuangan sekarang desentralisasi. Acuan untuk sekarang tidak menggunakan dana masyarakat. Dimana IPB langsung mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah sebagai dana BOPTN. Desember kemarin beberapa fakultas mengajukan dana BOPTN. Untuk bidang kemahasiswaan, sebelumnya ada pengajuan RKA, yang disahkan oleh MWA. Ada beberapa fakultas yang bermasalah dalam pengajuan dana (belum mengajukan dana)=> Faperta, fema, fateta. Sedang diusahakan untuk membahas keuangan ini dengan asumsi pengunaan uangg 1 milyar yang sudah dibuat dalam RAB. Sudah berdiskusi dengan pak rimbawan. Sebelum hari Jumat, akan ada pengumuman langsung dari ditmawa terkait keuangan ini.
Q : Tahun lalu Fateta menjadi supporter terbaik dalam OMI, namun kenapa ada statement kegiatan di LK Fateta kurang diminati mahasiswa Fateta(kurang ramai) ?
A : Kegiatan yang diadakan kurang bisa menyentuh mahasiswa Fateta (seperti sidang yang dilaksanakan DPM Fateta). Akan tetapi masih banyak kegiatan lain yang diminati oleh mahasiswa lainnya
Waktu menunjukkan tepat pukul 18.10, acara kunjunganpun berakhir. Acara kunjungan diakhiri dengan penyerahan kenang- kenangan dari MPM KM yang diwakili oleh kak Dimas kepada LK FPIK yang diwakili oleh kak Sutresno.



No comments:

Post a Comment